Senin, 31 Oktober 2011

Desain Uang Baru: Mudah dikenali + Susah ditiru!

 Tanggal 28 lalu bertepatan dengan hari sumpah pemuda telah diloncing 3 uang baru sekaligus yaitu pecahan 20 ribuan, 50 ribuan dan 100 ribuan. Konon Desain Uang Baru: Mudah dikenali + Susah ditiru! Jadi masyarakat akan lebih mudah dalam membedakan uang asli dan uang palsu serta pihak terkait yang hobi mencetak uang palsu akan kesulitan juga dalam meniru uang edisi baru tersebut. Untuk nuansa warna mungkin tak jauh beda dengan sebelumnya yakni untuk pecahan 20 ribu didominasi warna hijau, 50 ribu warna biru dan 100 warna merah. Lalu apa yang membedakan? Perbedaan yang mencolok adalah dibagian pinggirnya ada simbul-simbul berupa timbul (sesuatu yang menonjol) yakni untuk 20 ribu berupa kotak, 50 ribu berupa segitiga dan 100 ribu berupa lingkaran. Selain itu ada efek warna pelangi yang lebih mencolok.
Simbul-simbul berupa timbul kotak, segitiga dan lingkaran itu dimaksudkan juga agar para tuna netra bisa dengan mudah membedakan nominal uang tersebut. Jadi dengan adanya efek warna pelangi yang lebih mencolok dan juga timbul kotak, segitiga dan lingkaran itu semakin mudah pula menemukan jawaban palsu enggaknya ketika menerapkan jurus dilihat dan diraba! Tapi benarkah uang edisi baru tersebut aman dari para penjahat yang gemar mencetak uang palsu??? Kemarin lihat TV, kata pihak terkait sih aman, kenyataanya ya gak tau, lihat aja esok.
Meski uang baru sudah mulai beredar namun sejauh ini uang lama belum ditarik, jadi sebelum ada keputusan penarikan maka uang lama masih tetap berlaku. Aku jadi ingat pelajaran ekonomi waktu SMA, ada istilah yang namanya inflansi alias banyak uang yang beredar dimasyarakat. Lalu dengan adanya uang baru plus uang lama yang masih beredar akankah menimbulkan inflansi? kemarin lihat TV, kata pihak terkait sih tidak akan menimbulkan inflansi.

Published By widha utawi idha under Ketik-Berita  Tags: , , , ,   

0 komentar:

Posting Komentar